Pembibitan oleh Kelompok Wanita Tani Desa Gadu

  • Jan 15, 2023
  • GADU-GUNUNGWUNGKAL

Kelompok Wanita Tani (KWT) merupakan salah satu kelembagaan petani yang mana para anggotanya terdiri atas wanita yang berkecimpung dalam kegiatan pertanian. KWT di desa Gadu adalah KWT Sebening Kasih yang diketuai oleh Ibu Endang Wintarni. Di Desa Gadu mempunyai potensi tanah yang bagus untuk pembibitan oleh karenanya KWT Sebening Kasih mengajak anggotanya guna mengoptimalisasi pemanfaatan pekarangan rumah untuk dijadikan lahan budidaya sayuran dan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan berkesinambungan. Selain untuk dikonsumsi sendiri juga bisa dipasarkan untuk menambah pendapatakan ekonomi masyarakat.

Budidaya sayuran dan bahan pangan dilakukan dengan sistem hidroponik. Tanaman tersebut dibudidayakan di dalam ruangan yang disebut dengan screen house, atau bangunan dengan naungan plastik Ultra Violet (UV), untuk tempat tumbuhnya tanaman dengan menggunakan polybag, kantong plastik hitam ukuran diameter 30-40 cm, diisi dengan arang sekam, dan kemudian dipasangkan alat-alat hidroponik seperti selang, untuk menyalurkan unsur hara cair ke tanaman. Budidaya tanaman dengan sistem hidroponik, tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya, tapi menggunakan arang sekam atau bahan lainnya yang terbebas dari hama dan penyakit, artinya media tersebut sudah disterilisasi.

Diharapkan dengan adanya pembibitan sayuran dan bahan pangan secara hidroponik dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa Gadu karena dapat memproduksi bahan sayuran yang berkualitas, memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis maupun konsumsi untuk bahan pangan orang banyak dan juga membantu menciptakan udara yang lebih berkualitas dan bersih untuk lingkungan sekitar karena keberadaan tanaman sayuran yang sehat.